Membuat Variabel di dalam Python

Written by 1 on 12 April 2020. Posted in Python

Anda adalah pengguna C, C++, C#, Java, atau Pascal, dan Anda ingin mendefinisikan variable di dalam Python.

Solusi Dalam bahasa pemrograman C, C++, C#, Java, dan Pascal; variabel yang akan digunakan di dalam bagian kode program harus dideklarasikan terlebih dahulu menggunakan tipe data tertentu, misalnya seperti berikut:

/* C, C++, C#, dan Java */
int a;

(* Pascal *)
var
a: integer;

Dalam Python hal ini tidak berlaku. Python tidak menerapkan konsep pendeklarasian bariabel. Dalam Python, variable didefinisikan pada saat akan digunakan, yaitu dengan mengisi nilai ke dalam variabel tersebut.

>>> a = 13;

Pada contoh di atas, kita mendefinisikan variabel a dengan nilai 13. Dengan demikian, kita sudah dapat menggunakan variabel tersebut di dalam kode yang kita buat, misalnya seperti berikut:

>>> a * 2
26
>>> a + 4
17
>>>

Penjelasan
Python adalah bahasa yang mengimplementasikan konsep pemrograman berorientasi objek secara penuh. Dalam Python, semua adalah objek. Sebagai contoh, 13 merupakan objek dari kelas int; 'Hello' merupakan objek dari kelas str; Dengan demikian, variable di dalam Python sebenarnya adalah suatu referensi atau pointer yang menunjuk ke alamat dari tipe objek tertentu. Masing-masing variabel akan menempati alamat memori yang berbeda.

>>> a = 13
>>> type(a)

>>> id(a)
1525469840
>>>
>>>b = 'Hello'
>>> type(b)

>>> id(b)
36462464
>>>

Bukti lain yang menunjukkan bahwa variabel di dalam Python sebenarnya merupakan referensi ke kelas tertentu adalah setiap variable di dalam Python memiliki daftar metode. Sebagai contoh, ketika kita mendefinisikan variable yang diisi dengan teks maka variabel tersebut merupakan referensi yang menunjuk ke objek dari kelas str. Oleh karena itu, variabel tersebut dapat digunakan untuk memanggil metode-metode yang terdapat di dalam kelas str.

>>> s = 'Python'
>>> s.upper()
'PYTHON'
>>> s.lower()
'python'
>>>

Pada contoh kode di atas, s merupakan referensi ke objek dari kelas str. Dengan demikian, s dapat digunakan untuk memanggil metode upper() dan lower() yang terdefinisi di dalam kelas str.